Bhakti Sosial Pelayanan KB Implant dan IUD

04 Desember 2017 10:09:17 WIB

Jatiayu (SIDA) : Berdasarkan surat dari DP3AKBPMD GK tanggal 21 November 2017 di Kecamatan Karangmojo akan dilaksanakan bhakti social pelayanan KB IUD & IMPLANT besok kamis 14 Desember 2017 dimulai dari jam 08.00 s/d selesai bertempat di KKB Yustina Sri Widati alamat Gedangrejo dengan target 80 peserta KB. Kegiatan ini diperuntukkan umum  bagi peserta KIS/BPJS maupun bukan peserta KIS/BPJS.

Program KB bertujuan mengendalikan fertilitas yang membutuhkan metode kontrasepsi yang berkualitas agar dapat meningkatkan kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual. Pelaksanaannya dipengaruhi sumber daya pelaksanaan program KB, cara pandang masyarakat sendiri terhadap kesehatan reproduksi dan pelayanan KB. Namun, banyak masyarakat yang masih memandang program KB sendiri untuk kepentingan pemerintah dan orang yang berKB masih sama seperti keadaan sebelum berKB seperti orang yang tidak berKB dan sebenarnya program keluarga berencana ini telah diatur dalam peraturan maupun undang-undang sebagai kekuatan hukumnya.Adapun jenis KB yang ditawarkan dalam bakti sosial ini adalah UID dan IMPLANT.

Pengertian Implant

Alat kontrasepsi yang di susupkan di bawah kulit lengan atas sebelah dalam berbentuk kapsul silastik (lentur) panjangnya sedikit lebih pendek dari pada batang korek api dan dalam setiap batang mengandung hormon levonorgestrel.

Cara kerja implant yang setiap kapsul susuk KB mengandung 36 mg levonorgestrel yang dikeluarkan setiap harinya sebanyak 80 mg. Konsep mekanisme kerjanya menurut Manuaba adalah
1) Dapat menghalangi pengeluaran LH sehingga tidak terjadi ovulasi.
2) Mengentalkan lendir serviks dan menghalangi migrasi spermatozoa.
3) Menipiskan endometrium sehingga tidak siap menjadi tempat nidas

KB spiral atau sering juga disebut intrauterine device (IUD) merupakan alat kontrasepsi berbahan dasar plastik yang bentuknya seperti huruf T. Alat ini akan dimasukkan ke dalam rahim Anda. Pada alat ini terdapat tali yang akan menggantung dari leher rahim hingga ke dalam vagina Anda.

KB spiral berlapis tembaga

KB ini mengandung tembaga dan tidak mengandung hormon. Efektifitas KB ini dapat mencegah kehamilan hingga 10 tahun sejak pemasangan pada hari pertama.

Cara kerja KB ini mencegah pembuahan pada sel telur, yaitu dengan melepaskan unsur tembaga secara perlahan-lahan. Tembaga di dalam rahim menghalang sel-sel sperma untuk naik dan mencapai sel telur. Dengan demikian, KB spiral tembaga mencegah terjadinya pembuahan.

KB ini dilapisi oleh hormon progestin. Sekali pasang, alat ini bisa mencegah kehamilan hingga 3-5 tahun tergantung merek. Dari lamanya ketahanan, KB spiral hormon tidak bertahan selama KB spiral tembaga.

Komentar atas Bhakti Sosial Pelayanan KB Implant dan IUD

Sumaryanti 06 Desember 2017 14:36:06 WIB
Maju terus desa jatiayu semangat mas bandi dalam membangun desa jatiayu
sugiyanto 06 Desember 2017 08:32:29 WIB
Terimakasih semoga bsgi masyarakat yg blm tau ttg.kb bisa tau dan pus yg blm berkb dapat ikut KB
Suko rahmadi 04 Desember 2017 21:05:40 WIB
Siip pak, tambah pengetahuan u semua, tentang arti penting KB

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi JATIAYU

tampilkan dalam peta lebih besar