Operator SID dan Kasi Pelayanan Desa Jatiayu Mengikuti Verval BDT 2017 di Kecamatan

07 Desember 2017 10:12:15 WIB

Jatiayu (SIDA)  : Pada hari Kamis 7 Desember 2017 bertempat di aula kecamatan Karangmojo  diadakan pelatihan Verifikasi dan validasi data BDT  (Basis Data Terpadu) tahun 2017.

Acara ini berdasarkan Surat dari Bappeda nomor 893/00737 tertanggal 27 Nopember 2017.

Pelatihan ini diikuti oleh 9 desa yang ada di kecamatan Karangmojo,  dan masing-masing desa mengirimkan 2 personil yaitu Kasi Pelayanan dan operator SID. 

Untuk desa Jatiayu  mengirimkan Subandi selaku Plt Kasi Pelayanan dan Eliyani Teguh Handayani staf Kaur Perencanaan selaku operator  SID.

Dalam pelatihan  ini tebagi menjadi dua kelompok yaitu Kasi Pelayanan  dilatih tentang pendataan dan operator dilatih untuk entry hasil pendataan. 

Dalam Verval data BDT ini harus melalui beberapa tahap yang harus dilalui dan dicermati sehingga menghasilkan data yang valid dan diharapkan akhir bulan Desember dapat terselesaikan. 

TAHAP PELAKSANAAN VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA BASIS DATA TERPADU

KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2017

1. Pelatihan Verval data BDT tingkat kecamatan.

2. Mencetak :

    a. Daftar BDT 2017 oleh Desa melalui SID

        Pelaksana               :    Operator SID

        Penanggung jawab  :    Ketua TKPK Desa

        Hasil                      :    Daftar Basis Data Terpadu (BDT) 2017 (Form: PBDK2017.FKP.01) 

     b. Daftar BDT 2017 (data Kemensos /SIKS-NG offline)  yang tidak beririsan dengan BDT 2016

         dan Daftar Basis Data Terpadu (BDT) 2016 untuk data yang tidak ber NIK oleh Bappeda.

         Hasil : Prelist Basis Data Terpadu (BDT) 2017 (Form: PBDK2017.FKP.02) rangkap 2 (dua).

3. Rapat Koordinasi TKPK Desa Tahap I

    a. Peserta  : Seluruh pengurus TKPK Desa, RW, RT, Petugas pendata, Operator SID.

    b. Kegiatan:

       1) Mencermati  daftar BDT 2017 (Form: PBDK2017.FKP.01) oleh seluruh peserta

           rapat koordinasi untuk menentukan Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang

           akan dibahas dan diputuskan dalam forum musyawarah padukuhan:

           a) RTS yang diduga status kesejahteraannya berubah (Meningkat status

               kesejahteraannya dan/atau status kesejahteraannya dianggap 

               tidak layak masuk dalam daftar)

           b) RTS yang kepala rumah tangganya berubah.

           c) RTS yang jumlah dan/atau komposisi anggota rumah tangga (ART) berubah.

       2) Mencermati daftar BDT 2017 Form: PBDK2017.FKP.02 tentang keberadaan

           Rumah tangga di Desa tersebut. Jika ditemukan adanya ketidaksesuaian data

           (dobel nama, meninggal,pindah, tidak ditemukan) tidak dilakukan verval.

           - Lembar 1 untuk diverval di Padukuhan

           - Lembar 2 untuk arsip di Desa

       3) Operator SID melakukan entry data hasil pencermatan Form: PBDK2017.FKP.01

          kemudian mencetaknya dan dibagikan untuk dilakukan verval di tingkat Padukuhan.

       4) Penjelasan cara pengisian form Verifikasi dan Validasi BDT 2017

           (Form: PBDK2017.RT.GK)

    c. Penanggung jawab : Ketua TKPK Desa

    d. Hasil  : 

       Tanda terima pembagian prelist dan form verval (Form: PBDK2017.RT.GK)

       sesuai dengan jumlah RTS dalam prelist.

       Berita acara hasil pencermatan Form: PBDK2017.FKP.01 dan Form: PBDK2017.FKP.02

4. Verifikasi RTS sesuai prelist

     a. Pelaksana               : RT atau tokoh masyarakat yang ditunjuk sebagai Verifikator  RTS

     b. Penanggung jawab  : Dukuh selaku Pokja Data dan Pengaduan TKPK Desa

     c. Hasil                       : Hasil Verifikasi RTS dengan menggunakan Form : PBDK2017.RT.GK

                                         yang telah diisi secara lengkap dan benar.

5. Musyawarah padukuhan 

    a. Peserta   : Dukuh, RT, RW dan Tokoh Masyarakat dan/atau kelompok marjinal

                        (perempuan, difabel, kelompok miskin).

    b. Kegiatan :

       1) mencermati kelengkapan dan kebenaran isian form Verval BDT 2017

          (Form : PBDK2017.RT.GK).

          Bila ditemukan data yang belum sesuai dengan kondisi yang ada

          agar diputuskan dalam Musyawarah  padukuhan ini.

        2) menuangkan hasil verifikasi validasi RTS dalam Berita Acara.

    c. Penanggung jawab : Dukuh selaku Pokja Data dan Pengaduan TKPK Desa.

    d. Hasil                     :

       1) Form: PBDK2017.RT.GK yang telah diverifikasi dan validasi.

       2) Berita acara hasil verifikasi dan validasi Form: PBDK2017.RT.GK.

6. Pengiriman Berita Acara dan berkas hasil verifikasi validasi  RTS ke TKPK Desa

    a. Pelaksana dan Penanggung jawab : Dukuh selaku Pokja Data dan

        Pengaduan TKPK Desa

    b. Hasil :  Bukti tanda terima pengiriman berita acara dan berkas hasil verval

7. Rapat Koordinasi TKPK DesaTahap II

    a. Peserta  : Seluruh Pengurus TKPK Desa

    b. Kegiatan:

       1) Mencermati kelengkapan, kesesuaian isian dan jumlah  

           Form : PBDK2017.RT.GK dengan berita acara dari tingkat Padukuhan.

       2) Menuangkan hasil verifikasi validasi ke dalam berita acara.

       3) Membuat rekapitulasi hasil verifikasi dan validasi.

     c. Penanggung jawab :    Ketua TKPK Desa

     d. Hasil                     :

        1) Rekap hasil verifikasi dan validasi.

        2) Berita Acara hasil verifikasi dan validasi.

8. Entry data hasil Musyawarah TKPK Desa

    a. Pelaksana              : Operator SID

    b. Kegiatan                : Mengentry data Form PBDK2017.RT.GK dengan menyertakan

                                       hasil dokumentasi (Foto)

                                       berdasarkan hasil rakor tingkat desa.

    c.  Penanggung jawab : Ketua TKPK Desa

    d. Hasil                      : Semua data hasil verifikasi dan validasi sudah masuk dalam SID

                                       disertai dokumentasi (Foto) Form PBDK2017.RT.GK

9. Pengiriman Berita Acara dan Rekap Hasil Verifikasi Validasi Data Tingkat Desa ke TKPK Kecamatan

    a. Pelaksana              :    Kepala Seksi Pelayanan Desa

    b. Penanggung jawab :    Ketua TKPK Desa

    c.   Hasil                    :    Tanda terima bukti pengiriman berita acara dan rekap hasil verval

10.Pengiriman Data BDT 2017 Hasil Verifikasi dan validasi TKPK Desa ke Kabupaten

     a.Pelaksana                 :    Operator SID

     b.Penanggung jawab    : - Kasi Pelayanan Desa (Online),

                                         - Kasi Kesos Kecamatan (Offline) berupa hardcopy rekap hasil verval

     c. Hasil                        :    Terinputnya data hasil verval di SID

11.Verval dan Intergrasi Data Hasil Verifikasi dan validasi TKPK Desa oleh TKPKD

     a.Pelaksana                 :    TKPKD

     b.Penanggung jawab    :    Pokja Data TKPKD

     c.Hasil                         :    Terintegrasinya data Hasil Verifikasi dan validasi TKPK 144 Desa

                                            di SIKAB GUMREGAH    

Komentar atas Operator SID dan Kasi Pelayanan Desa Jatiayu Mengikuti Verval BDT 2017 di Kecamatan

Bejo mbulu c.7 08 Desember 2017 10:26:11 WIB
Ya mudah mudahan adanya validasi RTS ini tidak menjadikan gejolak dibawah amiin

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi JATIAYU

tampilkan dalam peta lebih besar