Peningkatan Rehabilitas Sosial

25 April 2019 09:40:26 WIB

Jatiayu-Dalam rangka kegiatan Penyuluhan sosial dan pemberian alat bantu disabilitas,  Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul memberikan 8 delapan alat bantu berupa 7 kursi roda dan 1 alat bantu dengar kepada warga Jatiayu. Pemberian alat bantu disabilitas tersebut langsung diserahkan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul Dra. Siwi Irianti, M.Si., di Balai Desa Jatiayu pada hari Kamis, 25 April 2019. Penyerahan alat bantu disaksikan oleh Kepala Desa Jatiayu Bapak Giyono, Kasi Kelembagaan Sosial  Bapak Heru Kuswanto, Kasi Rehabilitasi Sosial Winarto, S.Sos., dan segenap tamu undangan dari unsur perangkat desa Jatiayu, Karang Taruna Jatiayu, dan Kader Kesehatan Jatiayu, dan Puspensos Karangmojo ibu Sutarti.

Sebelum penyerahan alat bantu disabilitas, terlebih dahulu diawali paparan materi oleh Puspensos ibu Sutarti. Beliau mengatakan bahwa dari sekian banyak masyarakat miskin tentunya tidak semua mendapatkan bantuan dari pemerintah. Baik bantuan berupa PKH, BPNT, dan PIP, dan lain sebagainya. Mereka yang tidak mendapat bantuan tersebut tentunya harus menjadi perhatian kita semua. Utamanya adalah kepla padukuhan yang memahami betul tingkat ekonomi warganya. Selanjutnya untuk menangani warga miskin terutama lansia dan anak terlantar yang tidak mendapat bantuan dari pemerintah tersebut, seyogyanya padukuhan membentuk Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis  Masyarakat (WKSBM). Lembaga tersebut bertugas mendampingi warga yang membutuhkan baik dari sisi sosial maupun ekonomi. Dari sisi sosial pendampingan berupa pendekatan-pendekatan atau motivasi agar warga tetap terjaga semangat hidupnya. Sedangkan dari sisi sosial dapat dilakukan dengan memberikan bantuan materi.

Pada akhir acara, kepala Dinas Sosial berpesan kepada semua hadirin untuk senantiasa memperhatikan warga-warga miskin atau terlantar dan disabilitas kemudian di data melalui PMKS agar kedepan pemerintah tidak kesulitan mendata warga yang membutuhkan penanganan.

Acara diakhiri dengan pembagian alat bantu disabilitas kursi roda kepada Bapak Suyatno (Pengkol 3 Rt. 001/003), Ibu Saijem ( Pengkol 3), Heru (Candi 7 Rt.001/003), Bapak Mulyono Gimin (Candi 6 Rt.002/006), Latifah Dwi Arianto (Kedungdowo Rt.001/001), Endang Lestari (Wonotoro Rt.001/004), Bapak Tugi ( Kedungdowo RT.04/01), dan alat bantu dengar diserahkan kepada Dela Mutiara Sukma (Sawahan 13 Rt.004/013). (Bsk)

Komentar atas Peningkatan Rehabilitas Sosial

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi JATIAYU

tampilkan dalam peta lebih besar